RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 9 Pandeglang
Mata Pelajaran :
Analisa dan Riset Pasar
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok : Observasi Pasar
Alokasi Waktu : 3 X 45 menit : (1 X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati
dan mengamalkan perilaku ( jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli (gotong
royong,kerja sama,toleran,damai) santun responsif dan pro- aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami
,menerapkan dan menganalisis pengetahuan aktual,konseptual,dan rasa
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
- Mengolah ,menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri,dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai
dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan
lingkungan dengan menerapkan prinsip dan keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium lingkungan
3.1 Menjelaskan pengertian Observasi pasar
Ø Mendefisikan
Pengertian Observasi Pasar
Ø Mengidentifikasi unsur-unsur dari bagian Pemasaran
(3.1 kemampuan
yang harus dikuasai utk aspek kognitif)
4.1 Mempresentasikan Pengertian
Observasi Pasar
Ø Membedakan berbagai jenis pasar
Ø Mengidentifikasi pelaku riset pasar
(4.1 kemampuan yang harus dikuasai utk
aspek psikomotor)
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik dapat :
1. Mendefinisikan arti Riset Pasar
2.
Menyebutkan
unsur-unsur Riset Pemasaran
3.
Membedakan
jenis-jenis Riset pasar
4. Menyebutkan pelaku riset pasar
D. Materi Pelajaran
Pemasaran dan Penjualan
1. Pengertian Riset(Observasi Pasar)
2. Unsur-unsur Riset Pemasaran
3. Membedakan jenis-jenis Riset Pasa r
4.
Pelaku riset Pasar
E.
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientifik approach (mengamati, bertanya,menalar,mencoba,jejaring)
Strategi :
Problem base learning
Metode : Ceramah,
tanya jawab, diskusi, memberikan tugas
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Kegiatan awal
|
· Mengucapakan
salam
· Menyiapkan
siswa secara psikis agar siap mengikuti pembelajaran
· Appersepsi
· Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati:
Mempelajari buku teks maupun
sumber lain (bahan dari internet dan kliping) tentang Riset dan Pasar.
Memperhatikan beberapa gambar yang
menunjukkan aktifitas seorang pemasar dan seorang Pembeli
Menanya:
Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi
tentang aktifitas Pasar
Mengeksplorasi:
Mengkomunikasikan : hasil analisis kemudian
dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang hasil risat pasar.
Mengasosiasi:
Membandingkan dan mengolah data yang diperoleh dari
berbagai sumber informasi yang diperoleh dari berbagai sumber tentang Pasar
Mengkomunikasikan :
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang
hasil riset Pasar.
Mengumpulkan
hasil kerja dalam bentuk laporan
|
110 menit
|
ng
|
· Siswa
bersama gurumembuat kesimpulan
mengenai materi pembelajaran.
· Guru
memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
· Guru
memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
|
15 menit
|
Kegiatan akhir
|
· Siswa bersama
gurumembuat kesimpulan mengenai materi
pembelajaran.
· Guru
memberikan evaluasi untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
· Guru
memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
|
15 menit
|
G. Penilaian Hasil Belajar ;
I. Test tertulis
1. Apa yang dimaksud dengan Riset Pasar?\
2. Sebutkan tahapan dari riset Pasar?
3. Siapakah yang melakukan rsiet Pasar?
4. Mengapa Bagian marketing sering disebut bagian
jantung bagi perusahaan?
II. Penugasan
Tugas Mandiri
1.
Coba cari referensi lain
tentang pengertian analisa, riset, pasar, riset pasar dan analisa riset pasar
H. Sumber Belajar :
1. Kotler
Manajemen Pemasaran, PT.Prehallindo,Jakarta
2. Analisa dan Riset Pasar Buku Siswa
SMK Kelas X, Dra Ani Setiani MM
3.
Internet
H. Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk
Instrumen
Ranah
|
Teknik
|
Bentuk
|
Sikap
|
Observasi
& Penilaian Diri
|
Lembar Pengamatan Sikap
dan Rubrik
|
Pengetahuan
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian dan Pilihan
|
Ketrampilan
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes Unjuk kerja dan Rubrik
|
2.
Instrument penilaian pengetahuan : (hasilnya akan dientri di form nilai
pengetahuan)
a. Kisi-kisi :
Terlampir
b. Soal :
1. ........
2. Dst.
c. Kunci jawab :
1. ...................
2. Dst
d. Norma penilaian
e. Analisa soal
3. Instrument
Penilaian Ketrampilan (hasilnya akan
dientri di form nilai ketrampilan)
Mata Pelajaran :
Nama Kegiatan Unjuk Kerja :
Alokasi Waktu :
Guru Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
Aspek
1
|
Aspek
2
|
Aspek
3
|
Dst.
|
Skor
|
||
Skor
: 1- 4
|
Skor
: 1- 4
|
Skor
: 1- 4
|
Skor
: 1- 4
|
Siswa
|
||
1
|
||||||
2
|
||||||
Dst
|
Urutan kerja dari kegiatan unjuk
kerja :
1. .....
2. .......
3. Dst.
Pandeglang, 23 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Dra. Ida Maherani Widaningsih Sar'ah Jumsanah, SE., M. Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar